PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Empang 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

Ilma, Nur (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Empang 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. Cover_BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Ilma, 037114066,Peningkatan Hasil Belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan perbaikan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman pada siswa kelas IVA dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA SDN Empang 1 yang terdiri dari 32 siswa.Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajar 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian proses pembelajaran siklus I sebesar 79%,siklus II sebesar 87% dan siklus III 88%.Nilai observasi siswa menunjukan peningkatan pada sikap berupa kerjasama, percaya diri, rasa ingin tahu dan berpikir kritis dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 66%, siklus II memperoleh 69% dan siklus III memperoleh 84%. Pada penilaian keterampilan siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,89, siklus II memperoleh 76,48 dan siklus III memperoleh 82,18. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 47% dengan nilai rata-rata 71, siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 78% dengan rata-rata 79, dan siklus III memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 87% dengan nilai rata-rata 83.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema bersyukur atas keberagaman di kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Empang 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Hasil belajar, dan Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:19
Last Modified: 11 Nov 2022 02:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item