ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV Sekolah Luar Biasa Mentari Kita Indraprasta Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019

Ambarsari, Yulia (2018) ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV Sekolah Luar Biasa Mentari Kita Indraprasta Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI YULIA AMBARSARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Yulia ambarsari 037114322. Analisis Interaksi Sosial Anak Tunagrahita. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018. Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan cara interaksi sosial anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Mentari Kita. Pelaksanaan penelitian ini pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara interaksi sosial anak tunagrahita dengan cara melakukan kontak sosial dan komunikasi yang baik seperti mampu merespon ketika diajak berkomunikasi namun harus berulang-ulang, subjek memiliki kelemahan dalam konsentrasi sehingga ketika diajak berbicara susah menatap lawan bicaranya. Ketika melakukan komunikasi subjek menggunakan bahasa yang terdengar kaku. Kontak sosial subjek baik terhadap teman-temannya ditandai dengan kepekaan terhadap teman-temannya ketika dalam kesusahan, mau membantu temannya seperti mengambilkan pensil, dan membagi makanan yang setiap hari dibawa oleh subjek. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa cara interaksi sosial anak tunagrahita dengan cara melakukan kontak sosial dan komunikasi yang baik sesuai dengan syarat terjadinya interaksi sosial. Kata kunci: Interaksi sosial, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:23
Last Modified: 11 Nov 2022 02:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item