ANALISIS PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK PENYANDANG TUNAGRAHITA RINGAN Studi Kasus Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Luar Biasa Mentari Kita Kecamatan Tegalgundil Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Sholihat, Putri Agustina (2018) ANALISIS PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK PENYANDANG TUNAGRAHITA RINGAN Studi Kasus Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Luar Biasa Mentari Kita Kecamatan Tegalgundil Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi putri.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri Agustina Sholihat. 037114055. Analisis Pembelajaran Seni Tari Untuk Penyandang Tunagrahita Ringan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Studi Kasus dengan Pendekatan Kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari yang dilaksanakan oleh siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Mentari Kita Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019 dan Mengetahui hasil pembelajaran seni tari yang dilaksanakan oleh siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Mentari Kita tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita, guru seni tari dan guru kelas/walikelas. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Mentari Kita Kota Bogor adalah sekolah khusus siswa tunagrahita yang menyelenggarakan pembelajaran seni tari sebagai mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Metode yang digunakan oleh guru yaitu metode berulang. Guru menerapkan metode berulang agar siswa mudah mengingat materi pembelajaran. Pemilihan materi pembelajaran yang sederhana dan mudah dihafal dengan baik oleh siswa. Untuk evaluasi pembelajaran, guru melihat keaktifan siswa saat pembelajaran seni tari berlangsung dan dengan cara menampilkan siswa pada pementasan kesenian untuk anak berkebutuhan khusus. Walaupun, siswa tidak bisa dengan cepat menghafal satu tarian, tetapi siswa mempunyai semangat yang tinggi untuk terus belajar seni tari. Kata kunci : Pembelajaran Seni Tari, Siswa Tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:23
Last Modified: 11 Nov 2022 02:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item View Item