Junika, Fenty Tiara (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI STATISTIKA Penelitian Research and Development Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 21 Gantung Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Hardcover Fenty.docx Download (5MB) |
|
Text
Fenty Tiara Junika.pdf Download (259kB) |
Abstract
Fenty Tiara Junika. 037118063. Pengembangan media video animasi berbasis powtoon pada materi statistika. Skripsi. Universitas Pakuan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi berbasis powtoon pada materi statistika di kelas IV SDN 21 Gantung dengan jumlah responsen 18 orang peserta didik tahun akademik 2021/2022. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli dan instrumen angket respon siswa. Teknik analisis data terdiri dari analisis kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video animasi berbasis powtoon yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV pada pembelajaran statistika berdasarkan rata-rata nilai validasi ahli materi sebesar 93,33% dan rata-rata nilai validasi media sebesar 77,14% dan rata-rata nilai bahasa 86,66% Media video animasi memilki keefektifan sebagai media pembelajaran yang bervariatif peserta didik kelas IV. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest berupa angket yang diberikan untuk peserta didik dengan persentase 93%. Kata kunci: Media video animasi, Powtoon, Statistika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:23 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 02:23 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6094 |
Actions (login required)
View Item |