PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs DARUT TAFSIR KABUPATEN BOGOR

Hakimah, Nisrina Nurul (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs DARUT TAFSIR KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI NISRINA NURUL HAKIMAH.pdf

Download (23MB)

Abstract

Nisrina Nurul Hakimah 032118027. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Darut Tafsir Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sandi Budiana, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Penerapan model pembelajaran masih kurang digunakan di sekolah, siswa merasa bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dianggap efektif adalah model pembelajaran inkuiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs Darut Tafsir Kabupaten Bogor dan kendala yang dialami siswa dalam menulis teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VII MTs Darut Tafsir Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Hipotesis pertama, model pembelajaran inkuiri efektif digunakan dalam keterampilan menulis teks deskripsi teruji kebenarannya. Hal ini terbukti pada data (prates) kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 58. Hasil data (postes) dengan nilai rata-rata 87. Data (prates) kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63. Data (postes) dengan nilai rata�rata 71. hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh harga t0 =3,97 dan d.b =58, dengan taraf t095 =1,67 dan t099= 2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt yaitu 1,67<3,97>2,39. Hipotesis kedua, adanya kendala yang dialami siswa pada saat menulis teks deskripsi teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil angket kendala dalam menggunakan kosakata dengan persentase 60%. Kendala dalam konsentrasi dengan persentase 66%. Kendala dalam menerapkan kaidah kebahasaan 80%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran inkuiri efektif digunakan dalam keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa, meskipun siswa mengalami kendala. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, keterampilan menulis, teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:23
Last Modified: 11 Nov 2022 02:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item