PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Putri, Dewilia Nurvitar (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI REVISI DEWILIA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dewilia Nurvitar Putri. 037118151. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri 08 Kota Batu. Subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 54 Siswa, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 76, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 74%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (21,2885) > (ttabel 2,00665). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video, sehingga penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Problem Based Learning, Media Video, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:24
Last Modified: 11 Nov 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item