PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN Pendekatan Penelitian Research and Development Pada Siswa Kelas V (lima) di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Lestari, Dilla Nurillah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN Pendekatan Penelitian Research and Development Pada Siswa Kelas V (lima) di Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI DILLA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dilla Nurillah Lestari. 037118078. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran Tema 8 Subtema Perubahan Lingkungan. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Irvan Permana, M. Pd. dan Ratih Purnamasari, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media video animasi berbasis animaker pada pembelajaran tema 8 subtema perubahan lingkungan di kelas V SD Negeri Kotabatu 08 mengetahui efektifitas media tersebut, serta mengetahui respon siswa dengan adanya media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitan Research and Development (RnD) atau penelitian dan pengembangan menurut model ADDIE mencangkup Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media video animasi berbasis animaker yang dikembangkan berupa uji validasi oleh validator ahli media, ahli bahasa dan ahli materi, dan angket respon siswa serta evaluasi. Pada kelayakan didapat persentase dari ahli media sebesar 92,8%, dari ahli materi sebesar 78,1% dan ahli bahasa sebesar 87,2%. Hasil kepraktisan media pembelajaran dengan aplikasi Animaker bisa diamati dari angket respon siswa dan hasi evaluasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran dengan aplikasi Animaker layak untuk digunakan. Respon siswa membuktikan dampak positif dengan presentase nilai yang didapatkan. Berdasarkan angket respon siswa sebesar 71,7% dengan begitu dapat membantu dalam proses pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan efesien. Kata kunci : Pengembangan, Video Animasi , Animaker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:24
Last Modified: 11 Nov 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item