PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ARGUMENT MAPPING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA

Rahayu, Mutia Sri (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ARGUMENT MAPPING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Mutia Sri Rahayu_036117038_BSY_PDF_FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mutia Sri Rahayu. 03117038. Pengembangan E-LKPD Berbasis Argument Mapping pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rita Istiana, M.Si., M.Pd. dan Desti Herawati M.Pd. Kemampuan argumentasi saat ini merupakan hal yang penting dalam pembelajaran sains karena menjadikan siswa mampu mentransfer pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembanngkan E�LKPD berbasis argument mapping submateri penanganan limbah untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan Oktober 2021. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik SMAN 04 Bogor Kelas X MIPA 6 tahun akademik 2021/2022 sebanyak 36 siswa. Pelaksanaan uji coba dilakukan menggunakan one group pretest-posttest dengan instrumen soal essay. Implementasi E-LKPD berbasis argument mapping menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tergumentasi siswa dilihat dari level argumentasi siswa yang meningkat pada level argumentasi 4 dan 5 pada pretest-posttest dengan presentasi berturut turut dari 5% menjadi 17% dan dari 0% menjadi 56%. Kemudian adanya penurunan level argumentasi 2 dan 3 yang sebelum diimplementasikan E-LKPD pada pretest didapatkan presentase berturut-turut 59% dan 36% menjadi 6% dan 21% dikarenakan argument mapping membantu siswa dalam menulis argumentasi dengan struktur yang lebih baik, sedangkan pada level argumentasi 1 tetap 0% pada pretest-posttest siswa. Level argumentasi diidentifikasi menggunakan Toulmin Argumentation Pattern (TAP). Keefektifan E-LKPD berbasis Argument mapping pada kemampuan argumentasi siswa dapat dilihat pula dengan kenaikan N-gain dengan nilai 0,61 termasuk dalam kategori cukup efektik karena (g)>0,30. Kata kunci : Argument mapping, keterampilan argumentasi, perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:24
Last Modified: 11 Nov 2022 02:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6109

Actions (login required)

View Item View Item