PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Penelitian Kausal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Ajaran 2021/2022

Pratama, Rangga and Patras, Yuyun Elizabeth and Karmila, Nita (2021) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Penelitian Kausal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI RANGGA PRATAMA-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rangga Pratama 037114359 Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Motivasi Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi social terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh interaksi social terhadap motivasi belajar. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 57,92 + 0,49X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 4,008. Sedangkan koefisien determinasi sebesar16%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana interaksi sosial dengan motivasi belajar menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 57,92 + 0,49X}, yang berarti setiap kenaikan unit interaksi sosial menyebabkan kenaikan motivasi belajar sebesar 0,49 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap motivasi belajar kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2021/2022. Kata kunci : Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:50
Last Modified: 11 Nov 2022 02:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item