HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Korelasi Pada Siswa Kelas V di SDN Polisi 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Setiawati, Poni and Suhendra, Suhendra and Santa, Santa (2021) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Korelasi Pada Siswa Kelas V di SDN Polisi 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI FULL PONI SETIAWATI.pdf

Download (6MB)

Abstract

PONI SETIAWATI, 037116006, Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kepribadian guru kelas terhadap motivasi belajar siswa di SDN Polisi 1 Kota Bogor semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepribadian guru kelas dan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji coba instrument penelitian untuk variabel kepribadan guru yang terdiri dari 40 butir soal pernyataan terdapat 32 butir pernyataan yang dinyatakan valid dan 8 butir soal dinyatakan invalid. Hasil Koefisien Reliabilitas tersebut adalah sebesar 0,938. Sedangkan untuk variabel motivasi belajar siswa Berdasarkan hasil uji coba instrument penelitian yang terdiri dari 40 butir soal pernyataan terdapat 36 butir /pernyataan yang dinyatakan valid dan 4 soal dinyatakan invalid. Hasil Koefisien Reliabilitas tersebut adalah sebesar 0,932. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai pengaruh kepribadian guru kelas (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) menunjukkan hubungan positif yang ditunjukkan dengan hasil uji signifikasi dan regresi dengan persamaan regresi Ŷ = 43,990 + 0,268X. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel kepribadian guru kelas (X) akan menyebabkan peningkatan pada motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,268 unit. Hubungan kepribadian guru kelas (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) menghasil koefisier r sebesar 0,728 yang menunjukkan terdapat hubungan antara kepribadian guru kelas (X) dengan motivasi belajar siswa (Y). Koefisien determinan (r2 ) sebesar 53%. Dengan demikian penaikan dan penurunan motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh tingkat kepribadian guru kelas sebesar 53%, sedangkan sisanya 47% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dianalisis pada penelitan ini Kata Kunci : Kepribadian Guru Kelas, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:51
Last Modified: 11 Nov 2022 02:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6116

Actions (login required)

View Item View Item