Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Shintya, Mella Nur and Situmorang, Monang and Iryani, Lia Dahlia (2017) Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI (Mella Nur Shintya)(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Mella Nur Shintya, 022113329, Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan: Drs. Monang Situmorang, Ak., M.M, dan Lia Dahlia Iryani, SE., M.Si. Tahun 2017. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan. Dengan demikian setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan profitabilitasnya, karena semakin tinggi tingkat profitabilitas suatu perusahaan maka kelangsungan hidup perusahaan tersebut akan lebih terjamin. Leverage dan Penjualan merupakan kriteria penting untuk menilai profitabilitas perusahaan dan merupakan indikator utama atas aktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh Leverage (DAR) terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI, (2) Untuk menganalisis pengaruh petumbuhan penjualan terhadap rofitabilitas (DAR) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI, (3) Untuk menganalisis pengaruh Leverage (DAR) dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel data di uji dengan menggunakan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F dan R2 dengan menggunakan SPSS versi 21. Sampel penelitian yang digunakan adalah tiga perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di BEI selama tahun 2010-2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan secara parsial (uji t) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (return on assets), sedangkan leverage (debt to assets ratio) secara parsial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap (return On Assets). Dari penelitian ini juga diketahui bahwa secara simultan (uji F) leverage (debt to assets ratio) dan Pertumbuhan Penjualan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (return on assets). Nilai R Square adalah 46,6%, ini berarti bahwa 46,6% dari Profitabilitas (return on assets) dapat dijelaskan oleh variabel independen (leverage dan pertumbuhan penjualan). Sedangkan sisanya 53,4% dijelaskan oleh variabel lain atau sebab-sebab lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi sektor publik
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:47
Last Modified: 14 Nov 2022 02:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item