HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KREATIVITAS SISWA Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Kota Bogor Utara Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Yulianti, Yulianti (2018) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KREATIVITAS SISWA Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Kota Bogor Utara Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi yulianti- Copy.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yuniar Tri Lestari. 037113443. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kreativitas Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2018.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kreativitas siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel kreativitas siswa dan variabel konsep diri. Uji validitas kreativitas siswa dan konsep diri menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor berjumlah 105 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara konsep diri dengan kreativitas siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 7,446 + 0,9301x, dengan harga Fhitung sebesar 299,51 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 4,08, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kreativitas siswa pada siswa kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jadi untuk meningkatkan kreativitas dibutuhkan konsep diri yang baik. Kata Kunci : Konsep Diri, Kreativitas Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:17
Last Modified: 15 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item