PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Hertyas Purwitasari, A’yun (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
A'yun Hertyas Purwitasari (037113414).pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK A’yun Hertyas Purwitasari 037113414. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi Dengan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Penemuan dan Model Pembelajaran Inkuiri. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi melalui model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Polisi 5 Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor kelas IVA, IVB, dan IVC pada bulan Mei semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pada uji normalitas ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai hitung sebesar 3,742 ≤ tabel 5,991, maka: Terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi melalui model pembelajaran Penemuan diperoleh nilai N-Gain 70,00 dengan ketuntasan hasil belajar 85,71% dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai N-gain 54,00 dengan ketuntasan hasil belajar 34,48%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,558) > ttabel (1,99773). Terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi melalui model pembelajaran Inkuiri diperoleh nilai N-Gain 62,00 dengan ketuntasan hasil belajar 74,28% dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai N-gain 54,00 dengan ketuntasan hasil belajar 34,48%. Serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,373) > ttabel (1,99773). Terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi melalui model pembelajaran Penemuan diperoleh nilai N-Gain 70,00 dengan ketuntasan hasil belajar 85,71% dan model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai N-gain 62,00 dengan ketuntasan hasil belajar 74,28% . serta hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,312) > ttabel (1,99547). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Makananku Sehat dan Bergizi melalui model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran inkuiri, serta model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran penemuan. Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Model Penemuan, dan Model Inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:16
Last Modified: 15 Nov 2022 04:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6151

Actions (login required)

View Item View Item