PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Silvi Mauludi, Triyani (2020) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
ALL FILE SKRIPSI TRIYANI (Setelah Sidang Baru) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Triyani Silvi Mauludi. 037116200. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel interaksi sosial dan kemandirian belajar siswa menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 103 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Selanjutnya dilakukan pengambilan data penelitian dan melakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa yang ditunjukan dengan harga koefisien relasi sebesar 0,35 yang berarti pengaruh antara variabel dalam kategori rendah. Harga Koefisien persamaan regresi Ŷ= 71,16+(0,44X) yang berarti setiap peningkatan satu unit interaksi sosial (X) akan meningkatkan kemandirian belajar siswa (Y) sebesar 0,44 unit. Kontribusi variabel interaksi sosial dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa (r²) sebesar 0,1225 dengan koefisien determinasi sebesar 12,25% dan sisanya 87,75% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan kemampuan kemandirian belajar siswa adalah dengan meningkatkan interaksi sosialnya. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:46
Last Modified: 18 Nov 2022 01:46
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item