HUBUNGAN HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN KESADARAN BERKELANJUTAN SISWA

Puji Lestari, Devy (2022) HUBUNGAN HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN KESADARAN BERKELANJUTAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI SUDAH DIACC.docx

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Devy Puji Lestari. 036117001. Hubungan Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan Dengan Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Skripsi.Universitas Pakuan Bogor. dibawah bimbingan Oding Sunardi dan Suci Siti Lahtifah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar biologi pada siswa sekolah menengah atas di Kecamatan Sukmajaya. Penelitian ini termasuk penelitian Korelasi melalui pendekatana kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA YAPEMRI DEPOK Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Product Moment Pearson. Validasi instrumen hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana dengan Ŷ = 63,46+0,32X yang berarti hubungan fungsional adalah signifikan. Dalam penelitian ini, setiap kenaikan satu unit Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan akan meningkatkan Kesadaran Berkelanjutan Siswa sebesar 0,32 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa(rxy) sebesar 0,649 yang berarti terdapat hubungan antara variabel kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,42 yang berarti Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan berkontribusi 42% terhadap Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Sisanya sebanyak 48% ditentukan oleh faktor lain seperti kedisiplinan siswa, keteladan guru dan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan dengan Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Kata Kunci: hasil belajar, konsep pencemaran lingkungan dan kesadaran berkelanjutan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:44
Last Modified: 18 Nov 2022 01:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6183

Actions (login required)

View Item View Item