PENERAPAN MEDIA VIDEO STAND UP COMEDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK INFORMATIKA BINA GENERASI 3 KABUPATEN BOGOR

HAIKAL MAULANA, FIKRI (2022) PENERAPAN MEDIA VIDEO STAND UP COMEDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK INFORMATIKA BINA GENERASI 3 KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP(COVER-LAMPIRAN) Fikri Haikal M-2.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Fikri Haikal Maulana. Penerapan Media Video Stand Up Comedy dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X Smk Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media video stand up comedy dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas X OTKP-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP-A sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penerapan media video stand up comedy dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Informatika Bina Generasi 3. Hipotesis pertama teruji kebenarannya, hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas, yaitu 55 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu. Untuk nilai postes eksperimen mencapai nilai rata-rata 85 berada pada tingkat penguasaan sangat mampu. Kemudian dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga thitung 3,3 dengan hasil d.b 70. Dilakukan uji pada tabel “t” bahwa nilai d.b = 70 diperoleh dengan t0,99 = 2,64 dan t095 = 1,99. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau thitung signifikan yaitu 1,99<2,9>2,64. Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan adanya kendala siswa pada hasil analisis angket. Diketahui bahwa siswa memiliki beberapa kendala diantaranya, kendala dalam menuangkan gagasan dan pikiran kedalam bentuk tulisan, kendala pada saat menentuka kalimat yang sesuai, kendala pada saat menentukan unsur kelucuan, terakhir kendala pada saat mencari atau menentukan kritik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media video stand up comedy dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Media Video Stand Up Comedy, Teks Anekdot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:44
Last Modified: 18 Nov 2022 01:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item View Item