PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CERITA (STORYBOARD) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP MADANI KABUPATEN BOGOR

Yunita, Nuraini (2022) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN CERITA (STORYBOARD) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP MADANI KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI CD.docx

Download (72MB)

Abstract

ABSTRAK Nuraini Yunita. 032118061. Penerapan Media Papan Cerita (Storyboard) dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Madani Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa di SMP Madani Kabupaten Bogor dalam menulis teks narasi menggunakan media papan cerita (storyboard), dan untuk mengetahui penerapan media papan cerita (storyboard) dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII di SMP Madani Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data, yaitu tes, angket, dan pengamatan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII-1 dan VII-2 di SMP Madani Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah, pertama media papan cerita (storyboard) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII di SMP Madani Kabupaten Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perlakuan dengan data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 30,8. Dari data tersebut dapat diketahui keterampilan siswa berada dalam taraf tidak mampu menulis teks narasi, sementara hasil pascates memproleh nilai rata-rata 81,57 dengan taraf kemampuan siswa mampu. Jadi terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 51.00. Kemudian hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung = 5,5 dan db = 67. Diperoleh harga t0,01 = 2,38 dan harga t0,05 = 1,66. Dengan demikian, ttabel jauh lebih besar daripada thitung atau harga ttabel signifikan karena nilai ttabel > thitung, yaitu 1,66<5,5>2,38. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Kata kunci : Keterampilan menulis teks narasi, media papan cerita (storyboard).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:44
Last Modified: 18 Nov 2022 01:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item