ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS IKLAN KELAS VIII SMP KOTA/KABUPATEN BOGOR

Damayanti Pandiangan, Lucia (2020) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS IKLAN KELAS VIII SMP KOTA/KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI Lucia Damayanti Pandiangan fix.docx

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Lucia Damayanti Pandiangan: Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Iklan Kelas VIII SMP Kota/Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah RPP. Penelitian mendeskripsikan tentang kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks iklan kelas VIII SMP. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dianalisis kesesuaiannya dengan sintak model discovery learning. Langkah-langkah model discovery learning diantaranya: stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan/identifikasi), data collection (pengumpulan data), data pocessing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik kesimpulan). Penelitian bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah serta kesesuaian langkah-langkah dalam model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi dan teknik studi pustaka. Hasil analisis yang ditemukan, yaitu 42 data dari RPP tujuh sekolah di Kota/Kabupaten Bogor. Kegiatan yang dilakukan dalam model discovery learning diantaranya: melihat, mengamati, menyimak, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Dari kegiatan yang dilakukan, dapat dibuktikan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dari ketujuh sekolah di Kota/Kabupaten Bogor sudah sesuai dengan langkah-langkah model discovery learning. Kata kunci: Model Pembalajaran Discovery Learning, RPP, Teks iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:45
Last Modified: 18 Nov 2022 01:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6193

Actions (login required)

View Item View Item