HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA Studi Ini Dengan Pendekatan Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Desty Nurwulan, Syafira (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA Studi Ini Dengan Pendekatan Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
OK SKRPSI Syafira Desty Nurwulan 37116130.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Syafira Desty Nurwulan 037116130 Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN Ciriung 04 Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 yang terdiri dari 102 peserta didik kemudian dijadikan sampel sebanyak 50 sampel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas diperoleh = 0,105. Harga tersebut lebih kecil di bandingkan dengan harga = 0,125 pada taraf α=0,05, maka dapat disimpulkan bahwa berarti data tersebut normal. Kemudian dilakukan pengujian homogenitas diperoleh sebesar 1,05 dan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh sebesar 4,04 dengan berarti data yang digunakan homogen. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan interaksi sosial. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 47,74 + 0,50X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,51. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana kecerdasan emosional dengan interaksi sosial menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 47,74 + 0,50X}, yang berarti setiap kenaikan unit kecerdasan emosional menyebabkan kenaikan interaksi sosial siswa sebesar 0,50 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasaan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Kecerdasan Emosional dan Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Nov 2022 01:33
Last Modified: 19 Nov 2022 01:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item View Item