PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kausal di Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 01 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Rahma Nur Aryani, Siti (2019) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kausal di Kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 01 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
1. cover.docx

Download (79kB)
[img] Text
2. abstrak.docx

Download (32kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
4. BAB II.docx

Download (63kB)
[img] Text
5. BAB III.docx

Download (115kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx

Download (104kB)
[img] Text
7. BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Rahma Nur Aryani. 037115109. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 01 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 114 siswa dengan sampel sebanyak 53 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kebiasaan belajar dan soal untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,878 dan diperoleh thitung sebesar 12,96, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,771 atau sebesar 77,1%. Hal ini berarti nilai hasil belajar matematika siswa sebesar 77,1% ditentukan oleh kebiasaan belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = -2,69 + 0,81X. Sisanya sebanyak 22,9% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa maka harus memerhatikan kebiasaan belajar siswa tersebut. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Nov 2022 01:33
Last Modified: 19 Nov 2022 01:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item