PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Jampang Pondok Udik 1 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017

Nur Fadhilah, Hani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi Dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Jampang Pondok Udik 1 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Hani Nur Fadhilah 037112200_PGSD.pdf

Download (999kB)

Abstract

ABSTRAK Hani Nur Fadhilah. 037112200. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Memperbaiki Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia” di kelas V Sekolah Dasar Negeri Jampang Pondok Udik 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester ganjill tahun pelajaran 2016/ 2017 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung dan kolaborator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan, dan siklus ke dua hanya 1 kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative integrated Reading And Composition hasil belajar Bahsa Indonesia siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh nilai77,5 % dan pada siklus II memperoleh nilai 87%. Selain itu terlihat pada aktivitas belajar siswa meningkat 1,2%, hal ini ditunjukan pada siklus pertama 79,3 pada perubahan aktivitas siswa dan pada siklus kedua 80,5, Begitu pula pada, Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 35,3% dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 75,5 dan pada siklus kedua 79,3. Serta ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama sebesar 55,5% dan pada siklus kedua sebesar 89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Cooperative integrated Reading And Composition dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri Jampang Pondok Udik 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar; Penerapan Model Pembelajaran; Cooperative integrated Reading And Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Nov 2022 01:33
Last Modified: 19 Nov 2022 01:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item