ANALISIS PEMBELAJARAN SENI ANGKLUNG PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA Studi Deskriptif Melalui Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurjanah, Siti (2019) ANALISIS PEMBELAJARAN SENI ANGKLUNG PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA Studi Deskriptif Melalui Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Siti Nurjanah 037115246.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Nurjanah. 037115246. Analisis Pembelajaran Seni Angklung Pada Peserta Didik Tunagrahita. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Tujuan dalam penelitia ini adalah Mendeskripsikan proses pembelajaran seni angklung yang dimainkan oleh peserta didik tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C (SDLB – C) Dharma Wanita Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/ 2020 dan Mengetahui hasil pembelajaranseni angklung yang dimainkan oleh peserta didik tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C (SDLB – C) Dharma Wanita Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita, guru kesenian, dan kepala sekolah. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C (SDLB – C) Dharma Wanita Kota Bogor adalah sekolah khusus peserta didik tunagrahita yang menyelenggarakan pembelajaran angklung sebagai mata pelajaran seni budaya dan kegiatan ekstrakulikuler. Metode yang digunakan oleh guru yaitu metode ceramah, tanya jawab dan berulang kepada peserta didik tunagrahita untuk melatih daya ingat peserta didik yang lemah. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media audiovisual seperti mic, audio speaker, dan media visual seperti papan tulis. Pemilihan materi pembelajaran dipilih dengan menggunakan notasi angka dan mudah dimainkan oleh peserta didik. Evaluasi pembelajaran, guru melihat dari keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran seni angklung berlangsung seperti mendemonstrasikan materi yang telah guru sampaikan. Walaupun peserta didik memiliki kelemahan daya ingat untuk mengingat not lagu, tetapi peserta didik dapat memainkan angklung dengan baik. dengan cara menghafal sedikit demi sedikit bagian mana membunyikannya. Terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat pelaksanaan pembelajaran seni angklung yaitu guru, lingkungan, dan sarana prasarana. Kata kunci : Pembelajaran angklung, peserta didik tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 24 Mar 2023 04:45
Last Modified: 24 Mar 2023 04:45
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6229

Actions (login required)

View Item View Item