PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Febriani, Ulfah (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP ULFAH FEBRIANI 037118081.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Ulfah Febriani, 037118081. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap hasil belajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor Kelas IV A dan IV B Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning berbantu media video animasi sebesar 76 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan hasil belajar 90,92%, nilai N-Gain model konvensional sebesar 49 dengan kriteria sedang dan ketuntasan hasil belajar 75%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (7,80798) > ttabel (1,99834), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap hasil belajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Model pembelajaran yang sangat efektif untuk digunakan pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku yaitu model Problem Based Learning berbantu media video animasi. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:53
Last Modified: 25 Mar 2023 01:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item