HUBUNGAN PERSEPSI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Yuri, Armila Sari (2017) HUBUNGAN PERSEPSI KECERDASAN MATEMATIS LOGIS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
YULI ARMILA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Yuli Armila Sari. 037113319. Hubungan Persepsi Kecerdasan Matematis Logis dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor, 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi kecerdasan matematis logis dengan prestasi belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kecerdasan matematis logis dan data hasil nilai matematika raport untuk prestasi belajar. Uji validitas instrumen kecerdasan matematis logis dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor berjumlah 70 siswa. Sampel yang diambil 50 siswa diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Barlett untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukkan terdapat hubungan persepsi kecerdasan matematis logis dengan prestasi belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = (-3,5) + 0,988X, dengan harga Fhitung sebesar 22,32 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 4,04 sebesar 7,19, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 83,9%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi kecerdasan matematis logis dengan prestasi belajar Kata Kunci : Persepsi Kecerdasan Matematis Logis dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:53
Last Modified: 25 Mar 2023 01:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item