PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017

Fadhilah, Dea Mauliani Nur (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Dea (0371 13 084).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dea Mauliani Nur Fadhilah, 037113084. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions. Subyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 kelas IV yang terdiri dari 29 siswa, dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan pada siklus I memperoleh 66,62 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 58,62% sedangkan hasil belajar pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 72,93 atau ketuntasan hasil belajar 86,20%. Begitu pula dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 80 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,34. Sedangkan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,11 dan pada siklus II menjadi 82,02. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions juga dapat meningkatkan ketelitian, kerjasama, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:53
Last Modified: 25 Mar 2023 01:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item