Pengaruh Iklan Televisi Promo Gratis Ongkir di Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Bogor dalam Belanja Online

Andari, Shannia Chintyana and Valdiani, Dini and JAYAWINANGUN, RONI (2022) Pengaruh Iklan Televisi Promo Gratis Ongkir di Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Bogor dalam Belanja Online. Skripsi thesis, universitas pakuan.

[img] Text
Shannia Chintyana Andari-044118183.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola konsumtif remaja mengenai online shopping akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Remaja tertarik untuk mengikuti trend anak muda zaman sekarang. Untuk itu semakin maraknya produsen yang menjual barang melalui online shop dan akan lebih meningkatkan remaja untuk melakukan transaksi melalui online shopping dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan televisi promo gratis ongkir di Shopee terhadap perilaku konsumtif remaja Bogor dalam belanja online. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kota Bogor. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability yang dimana respondennya adalah remaja Bogor, diambil dari populasi yang dilakukan secara kebetulan yang bertemu dengan peneliti dengan jumlah responden adalah 100 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis skor rataan dan analisis regresi linier sederhana. Teori yang digunakan adalah teori SOR yang merupakan Stimulus (iklan promo gratis ongkir di Shopee) yang memiliki daya tarik dan diterima oleh komunikan (remaja Bogor), maka komunikan akan memberikan respon (minat beli) melalui iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan promo gratis ongkir berpengaruh terhadap perilaku konsumtif remaja Bogor. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh hasil bahwa iklan promo gratis ongkir memiliki kontribusi terhadap perilaku konsumtif remaja Bogor sebesar 27%, sedangkan 73% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:54
Last Modified: 25 Mar 2023 01:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item View Item