Rabila, Keny and Hardiyanto, Arief Tri and Simamora, Patar (2018) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Fix(1).pdf Download (927kB) |
Abstract
Keny Rabila 02213045, Akuntansi, Akuntansi Perpajakan, Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016, Ketua Komisi Pembimbing: Dr. Arief Tri Hardiyanto dan Anggota Komisi Pembimbing: Patar SimamoraTahun 2018. Penelitian ini ditunjukan untuk menjelaskan pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak pada perusahaa sub sektor farmasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia baik secara simultan maupun secara parsial. Salah satu wajib pajak yang mempunyai kewjiban untuk membayar pajak yaitu perusahaan, perusahaan membayar pajak berdasarkan besarnya pendapatan bersih yag diperolehnya. Semakin besar pajak yang harus dibayarkan perusahaan, maka pendapatan negara semakin banyak. Hal tersebut berbeda dengan perusahaan, bagi perusahaan pajak merupakan beban yang akan mengurangi laba bersih. Tujuan pemerintah untuk memaksimalkan penerimaan dari sektor pajak bertentangan dengan tujuan tujuan dari perusahaan sebagai wajib pajak, dimana perusahaan berusaha untuk mengefisiensikan beban pajaknya sehingga memperoleh keuntungan yang lebih besar dalam rangka mensejahterakan pemilik dan melanjutkan kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan menggunakan data sekunder dan berdasarkan purposive sampling diperoleh tujuh sampel perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif statistik dengan alat bantu Eviews versi 7. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana, analisis corporate social responsibility, dan analisis agresivitas pajak. Hasil penelitian pada perusahaan sub sektor farmasi periode 2013-2016, mengungkapkan fakta bahwa corporate social responsibility memiliki pengaruh positif terhadap agresivitas pajak berdasarkan hasil regresi model penelitian. Perusahaan yang memiliki tingkat corporate social responsibility akan mengakibatkan perusahaan lebih agresif terhadap pajaknya. Dalam penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa corporate social responsibility memiliki penngaruh terhadap agresivitas pajak. Sarannya adalah 1) Bagi pembaca, dapat menjadi pengetahuan dan referensi mengenai pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak pada suatu perusahaan, 2) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat meneliti variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kebijakan deviden. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility dan Agresivitas Pajak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 01:54 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 01:54 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6244 |
Actions (login required)
View Item |