PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 10 Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022

Rahmawati., Siska (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 10 Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Siska Rahmawati PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Siska Rahmawati. 037118072. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Genially pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis genially pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia untuk mengetahui kelayakan produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 10 Kota Depok pada bulan Maret hingga Juni 2022. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV-B tahun akademik 2021/2022 sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Genially. Teknik analisis data ini terdiri dari data kualitatif mengenai hasil wawancara dan data kuantitatif mengenai hasil validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV-B SDN Mekarjaya 10 pada pembelajaran berdasarkan rata-rata nilai validasi ahli media 85,33%, rata-rata nilai validasi ahli bahasa 81,33%, dan rata-rata nilai validasi materi dengan kriteria 85,33%, hasil validasi tersebut masuk pada kategori “sangat layak” digunakan. Berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 87,53%, masuk pada kategori “sangat baik”. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat membuat peserta didik membuat peserta didik paham dengan materi yang digambarkan, merasa antusias serta senang dalam mengikuti pembelajaran, sehingga media pembelajaran interaktif tersebut sangat layak digunakan dalam pembelajaran subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Genially

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 01:59
Last Modified: 25 Mar 2023 01:59
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6307

Actions (login required)

View Item View Item