Analisis Bauran Promosi Pembayaran Daring Gopay dalam Pencapaian Evolusi Dompet Digital

Ilmi, Bismi Raharimala and Kusumaningtias, Intan Tri and Duryatmo, Sardi (2021) Analisis Bauran Promosi Pembayaran Daring Gopay dalam Pencapaian Evolusi Dompet Digital. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Bismi Raharimala Ilmi - 044116433.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bauran promosi merupakan perpaduan beberapa alat promosi yang digunakan oleh perusahaan atau pemasar untuk meningkatkan permintaan produk atau jasa. Gopay adalah uang elektronik atau dompet digital berupa saldo dapat digunakan untuk membayar berbagai fitur layanan dalam aplikasi Gojek. Penelitian ini bertujuan un tuk mengidektifikasi bauran promosi yang dilakukan dilakukan pada Gopay ber pengaruh dalam pencapaian evolusi dompet digital dan hambatan-hambatan yang diterima ketika menerapkan bauran promosi. Penelitian ini menggunakan teknik bauran promosi yang terdiri dari enam elemen menurut Morissan meliputi adver tising, direct marketing, interactive/internet marketing, sales promotions, public Ity/public relations dan personal selling. Penelitian ini dilakukan di Go Food Fes tival 2020 di kawasan Gelora Bung Karno Jl. Pintu Satu Senayan RT.1/RW.3, Ja karta Pusat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10270, kost Siaga Raya di Jl. Siaga Raya No.6a RT.5/RW.5 Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12510, dan PT Mitra Sukses Agrindo (factory) di JI. K. Haji Soleh Iskandar No. 59 RT.03/RW.08 Tanah Sareal, Kedung Halang, Kota Bogor 16166, terhitung dari bulan Februari 2020 sampai dengan bulan April 2020. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, teknik pengum pulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wa wancara penelitian ini meliputi key informan (public relations Gopay), informan utama (marketing Gopay) serta informan tambahan (masyarakat pengguna Gopay). Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Pertumbuhan Gojek dari ride hailing kecil sampai dengan platform pembayaran peringkat satu di Indonesia menjadi faktor utama yang menarik perhatian. Untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar dompet digital di Indonesia, Gopay tidak hanya ten tang biaya dan margin, tetapi juga memahami konsumen dengan menerapkan bau ran promosi. Dalam mengembangkan bauran promosi, Gopay merancang berbagai ide, citra dan perasaan. Bauran promosi merupakan kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat-alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemasaran menggunakan teknik bauran promosi yang diterapkan Gopay sangat efektif dan berpengaruh signifikan. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian evolusi yang telah di raih Gopay dari pertama diluncurkan sampai dengan saat ini. Saran yang dapat berikan dalam penelitian ini adalah dibu tuhkan intelegent marketing yang handal, agar dapat mempertahankan kualitas dan pelayanan yang baik serta melakukan inovasi kegiatan pemasaran seperti menga dakan acara (event) khusus Gopay dengan menghadirkan bintang tamu, kuis, games serta keseruan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:00
Last Modified: 25 Mar 2023 02:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item View Item