PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023

Kurniawati, Niken (2022) PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI NIKEN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Niken Kurniawati 037118175. Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Dan Manfaatnya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 48,50 + (0,42) (X). Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,45. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 20,7%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pengaruh sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 48,50 + (0,42) (X), yang berarti setiap kenaikan unit sikap percaya diri menyebabkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 0,42 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya di kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor tahun pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Percaya Diri, Hasil Belajar Subtema Lingkungan dan Manfaatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:00
Last Modified: 25 Mar 2023 02:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item