PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA TEMA SUNGGUH KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV di SDIT Putra Pakuan Tahun Pelajaran 2021/2022

Rahmawati, Henny Annisa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA TEMA SUNGGUH KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV di SDIT Putra Pakuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
[Henny Annisa] Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Nearpod Pada Tema Sungguh Kayanya Negeriku Subtema Pemanfaatan kekayaan Alam di Indonesia.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Henny Annisa Rahmawati. 037118083. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Pada Tema Sungguh Kayanya Negeriku Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod pada tema sungguh kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek yang dilibatkan selama pengembangan produk yaitu ahli media dan ahli bahasa oleh dua ahli dosen FKIP Universitas Pakuan dan ahli materi oleh satu guru SDIT Putra Pakuan, adapun subyek penelitian pengujian produk adalah peserta didik yang berjumlah 32 orang serta wali kelas IV SDIT Putra Pakuan yang terdiri dari dua orang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran berdasarkan validasi ahli dengan persentase sebesar 97,33% oleh ahli media, 94,66% oleh ahli bahasa, dan 98,66% oleh ahli materi dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan pengujian produk yang dilakukan memperoleh hasil yang baik dari guru dan peserta didik dengan persentase respon guru sebesar 95% dan respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori ”Sangat Baik” dan dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Disimpulkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasisi Nearpod pada tema sungguh kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia layak digunakan pada pembelajaran di kelas IV. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran interaktif, Nearpod.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:00
Last Modified: 25 Mar 2023 02:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6332

Actions (login required)

View Item View Item