PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023

wahyu, widiya (2022) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Thesis thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Widiya Wahyu Final.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Widiya Wahyu 037118028. Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kota Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 84 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 46 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,49. Ini menunjukkan adanya pengaruh antara keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,2401 atau sebesar 24,01%. Sisanya sebanyak 75,99% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar subtema manusia dan lingkungan sebesar 24,01% ditentukan oleh keterampilan membaca pemahaman melalui persamaan regresi Ŷ = 11,15 + 0,52X, artinya setiap kenaikan unit nilai keterampilan membaca pemahaman akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar subtema manusia dan lingkungan sebesar 0,52 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:00
Last Modified: 25 Mar 2023 02:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item