PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI

Aprilliana, Gina (2022) PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI-BURNING CD-GINA APRILLIANA-032118060.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Gina Aprilliana. 032118060. Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi CapCut untuk meningkatkan keterampilan menulis teks iklan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, serta mengetahui kendala menulis teks iklan. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan tes, angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan dalam keterampilan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, melalui penggunaan aplikasi CapCut, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa saat menulis teks iklan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas berjumlah 105 siswa. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa yaitu kelas VIII-A berjumlah 36 siswa sebagai kelas Eksperimen, dan kelas VIII-B berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, pada penggunaan aplikasi CapCut dapat meningkatkan keterampilan menulis teks iklan. hal tersebut dapat diamati dari nilai rata-rata prates kelas eksperimen yaitu 42,72 atau 43% (kurang mampu), dan nilai postes mengalami peningkatan menjadi 84,95 atau 85% (mampu). Berbeda dengan nilai di kelas kontrol nilai rata-rata pratesnya yaitu 36,16 atau 36% (tidak mampu), dan nilai postes di kelas kontrol yaitu 75,94 atau 76% (cukup mampu). Berdasarkan dari hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh dengan harga =2,38 dan harga =1,68. lebih besar daripada 1,68<2,40>2,38. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi, sebagian siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan terdapat 20 siswa atau 56% dapat dikatakan sebagian besar, siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan. Selanjutnya kendala yang dialami oleh yaitu 23 siswa atau 64% dapat dikatakan sebagian besar, siswa mengalami kendala dalam menentukan kosakata pada saat menulis teks iklan. Kata kunci: keterampilan menulis, teks iklan, aplikasi CapCut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:00
Last Modified: 25 Mar 2023 02:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item