Siregar, Jessica Nathania Alexandra and Andrian, Ferdisar and Yudha, Aditya Prima (2022) Analisa Saluran Distribusi Pada Komoditas Ikan Lele (Studi Kasus Pada Pembudidaya Ikan Lele di Kota dan Kabupaten Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Jessica Nathania A.S_021118091_Proposal Skripsi-FINAL (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
JESSICA NATHANIA ALEXANDRA SIREGAR. 021118091. Analisa Saluran Distribusi Pada Komoditas Ikan Lele (Studi Kasus Pada Pembudidaya Ikan Lele di Kota dan Kabupaten Bogor). Di bawah bimbingan : FERDISAR ADRIAN S. dan ADITYA PRIMA YUDHA 2022. Terdapat saluran distribusi yang cukup panjang pada saluran pemasaran komoditas ikan lele yang berada di kota dan kabupaten Bogor, pembudidaya memiliki keuntungan yang sedikit sebagai produsen. Namun terdapat peluang pada pasar modern yang memiliki harga beli yang tinggi, tetapi pasar modern memiliki termin pembayaran yang panjang, yaitu selama 14 hari, dimana hal ini berpengaruh kuat terhadap perputaran keuangan bagi petani. Petani memerlukan solusi agar dapat bermitra dengan pasar modern, dan meningkatkan selisih marjin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan informan pembudidaya ikan lele yang berada di wilayah kota dan kabupaten Bogor. Pemilihan informan dilakukan dengan metode snowball sampling dimana proses pemilihan sampel tersebut dilakukan berantai, dengan total informan 6 pembudidaya diantaranya 3 mewakili wilayah kota Bogor dan 3 mewakili wilayah kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa saluran distribusi pada pemasaaran komoditas ikan lele yang berada di kota dan kabupaten Bogor, meliputi: Harga Pokok Penjualan (HPP), mencakup : Harga Pokok Penjualan (HPP) pada budi daya ikan lele, mencakup : biaya produksi, transportasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan estimasi kematian ikan dalam perjalanan sebesar 5%. Keuntungan, persentase marjin pemasaran dan cakupan pemasaran : persentase keuntungan berkisar antara 3.03% sampai 87.50%. Saluran Pemasaran : para pembudidaya menyalurkan hasil produksi hanya pada pasar tradisional. Solusi yang dapat diberikan bagi pembudidaya agar dapat menjual hasil produksi pada pasar modern, tanpa adanya hambatan di perputaran keuangan (cash flow) pembudidaya, yaitu: menjual hasil produksi / bermitra dengan pasar modern, serta melakukan peminjaman modal usaha pada aplikasi tanifund. Kata kunci : saluran distribusi, budi daya ikan lele
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 02:03 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 02:03 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6371 |
Actions (login required)
View Item |