Analisa Pemanfaatan Aplikasi GoFood Bagi Pendapatan UMKM di Kota Bogor (Studi Kasus UMKM di Kec.Bogor Utara

Dewi, Aprilia Sari and Hayati, Yetty Husnul and Irawan, Arie Wibowo (2022) Analisa Pemanfaatan Aplikasi GoFood Bagi Pendapatan UMKM di Kota Bogor (Studi Kasus UMKM di Kec.Bogor Utara. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
PRINT Aprilia Sari Dewi_021117309_Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

APRILIA SARI DEWI. 021117309. Analisa Pemanfaatan Aplikasi GoFood Bagi Pendapatan UMKM di Kota Bogor (Studi Kasus UMKM di Kec.Bogor Utara. Di bawah bimbingan Yetti Husnul Hayati, SE., MM..dan Ari Wibowo Irawan, SP.,MM. 2022. Di tengah persaingan yang ketat antara sesama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), para pelaku usaha UMKM ini di tuntut untuk mampu bernovasi dalam bisnisnya dengan menggunakan teknologi. Salah satunya dengan bergabung besama aplikasi layanan GoFood yang saat ini menjadi aplikasi layanan pesan antar makanan paling banyak penggunanya. Pada penelitian ini variabel yang digunakan adalah Layanan GoFood dan pendapatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui manfaat yang diberikan oleh aplikasi layanan GoFood, pendapatan UMKM Kecamatan Bogor Utara sebagai mitra aplikasi layanan GoFood dan untuk mengetahui manfaat layanan GoFood terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Bogor Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu data primer dengan wawancara dan penyebaran kuisioner terhadap UMKM di Kecamatan Bogor Utara dan data sekunder dengan mengakses data melalui internet, website resmi dan aplikasi GoFood. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 sampel yang merupakan UMKM di Kecamatan Bogor Utara yang terdaftar dalam menu layanan “terdekat” di aplikasi GoFood dan telah menjadi super partner dan di persempit kembali menggunakan metode proposive sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan variabel layanan GoFood berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi hubungan (R) yaitu sebesar 0,345 serta koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,119 atau sebesar 11,9%. Artinya aplikasi layanan GoFood telah mampu meningkatkan pendapatan mitra UMKM di Kecamatan Bogor Utara sebesar 11,9%. Layaan GoFood sendiri memiliki nilai tingkat capaian responden (TCR) sebesar 83,8% dan termasuk dalam kategori baik. Untuk pendapatan UMKM di Kecamatan Bogor Utara dinilai meningkat, sebelum bergabung bersama aplikasi layanan GoFood didominasi oleh 55% mitra UMKM memiliki rata-rata pendapatan perhari Rp1.500.000-Rp.2.500.000 dan setelah bergabung bersama GoFood mengalami peningkatan menjadi 60% mitra UMKM dengan kisaran pendapatan tersebut, selanjutnya sebelum bergabung bersama layanan GoFood 40% mitra UMKM memiliki rata-rata pendapatan perhari dibawah Rp.1.500.000 dan setelah bergabung bersama layanan GoFood turun menjadi 17% sehingga semakin sedikitnya mitra UMKM yang memiliki pendapatan dibawah Rp.1.500.000 dan terakhir sebelum bergabung bersama layanan GoFood 5% memiliki rata-rata pendapatan Rp.2.500.000-Rp.3.500.000 dan setelah bergabung bersama layanan GoFood naik menjadi 23 %. Kata Kunci : Layanan GoFood, Pendapatan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:04
Last Modified: 25 Mar 2023 02:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6373

Actions (login required)

View Item View Item