Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Konsumen Koperasi Simpan Pinjam Harian Jaya (Studi Kasus : Nasabah KSP. Harian Jaya)

Jeremia, Jeremia and Hartini, Sri and Hasrul, Hasrul (2022) Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Konsumen Koperasi Simpan Pinjam Harian Jaya (Studi Kasus : Nasabah KSP. Harian Jaya). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Jeremia_021117112.pdf

Download (2MB)

Abstract

JEREMIA 021117112. Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Konsumen Koperasi Simpan Pinjam Harian Jaya (Studi Kasus : Nasabah KSP. Harian Jaya). Di bawah bimbingan HJ. SRI HARTINI dan HASRUL. 2022. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di KSP. Harian Jaya, selain itu penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui kepuasaann nasabah KSP. Harian Jaya mengenai kualitas pelayanan yang diberikan KSP. Harian Jaya. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif kausal penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala. Teknik penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif karena penelitian yang dilakukan berhubungan dengan alat statistik untuk mengolah hasil kuesioner, Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 80 responden berdasarkan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dan kuesioner dan metode analisis data menggunkan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan yang diberikan KSP. Harian Jaya terhadap konsumen dianggap baik, karena bisa diliat dari rata-rata hasil tanggapan konsumen yang memiliki hasil presentasi 81,86 %. Kepuasaan yang diterima konsumen dari KSP. Harian Jaya mendapatkan hasil dan respon yang baik karena diliat dari rata-rata hasil tanggapan responden memiliki hasil presentase 83% yang dimana konsumen menyatakan puas atas pelayanan yang diberikan. Dan berdasarkan koefisien korelasi indikator kualitas pelayanan dalam membentuk kepuasan konsumen (Y) bernilai r = 0,745 ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kedua variabel X dan variabel Y yang artinya semakin tinggi kualitas pelayanan KSP. Harian Jaya maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen, dan dari out put diatas memang terbukti adanya hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, dapat dilihat dari hasil pengujiannya terdapat korelasi positif yang signifikan (r = sign < α atau ,000 p ≤ 0,01). Dengan demikian hipotesis yang di ajukan peneliti dinyatakan diterima. Kata kunci: Kualitas layanan , kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:04
Last Modified: 25 Mar 2023 02:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item