Wulandari, Rizka and Andria, Fredi and Prasetyo, Bayu Dwi (2022) Peran Influencer Dalam Strategi Promosi Era Digital Disruption Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kasus: Followers Instagram Jerome Polin),. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi - Rizka Wulandari - 021118311.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rizka Wulandari, 021118311, Peran Influencer Dalam Strategi Promosi Era Digital Disruption Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Kasus: Followers Instagram Jerome Polin), di bawah bimbingan ketua komisi pembimbing FREDI ANDRIA dan anggota komisi pembimbing BAYU DWI PRASETYO. 2022. Digital disruption yang terjadi saat ini adalah munculnya berbagai macam inovasi digital di berbagai bidang, terutama pada pemasaran, yang saat ini dimanfaatkan oleh marketer adalah digital marketing, dimana mereka dapat melakukan kampanye pemasaran melalui berbagai media digital, salah satunya adalah media sosial, dan Instragam merupakan media sosial yang populer. Media sosial menjadi sebuah platform untuk mengaktulisasikan diri, sehingga akan menciptakan personal branding pada orang tersebut, bahkan dapat mempengaruhi pengguna lainnya di media sosial atau disebut sebagai influencer, yang saat ini juga sering dijumpai pada kampanye pemasaran suatu produk. Salah satu influencer di Indonesia yang populer di Indonesia saat ini, adalah Jerome Polin, dengan personal branding kuat di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Jerome Polin sebagai influencer dalam strategi promosi era digital disruption terhadap perilaku konsumen yang diperankan oleh followers Jerome Polin. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Pemilihan responden dilakukan melalui kuota sampling, dengan batas para followers akun Instagram fanbase Jerome Polin dengan jumlah responden 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner, yang kemudian data tersebut diolah melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS, analisis deskriptif dan Partial Least Square – Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.9. Hasil dari penelitian ini adalah influencer memiliki hubungan dengan followers yang dapat membangun keterikatan antar keduanya, kemudian memiliki hubungan positif dan signifikan saat diperankan secara langsung tanpa ada moderasi antara variabel strategi promosi (advertising dan personal selling) serta variabel influencer marketing terhadap perilaku konsumen. Namun, variabel influencer marketing sebagai moderator tidak dapat memoderasi hubungan antara strategi promosi dan perilaku konsumen, sehingga variabel advertising, personal selling, dan influencer marketing memiliki fungsi masing-masing terhadap perilaku konsumen yang diperankan oleh followers. Kata kunci: followers, influencer, perilaku konsumen, dan strategi promosi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 02:04 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 02:04 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6390 |
Actions (login required)
View Item |