Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Multi Optimal Roda Internusa

Abdurohim, Abdurohim and Zaini, Oktori Kiswati and Wihartika, Doni (2021) Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Multi Optimal Roda Internusa. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi Abdurrohim.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abdurohim. 021114063. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Multi Optimal Roda Internusa. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan Oktori Kiswati Zaini dan Doni Wihartika Tahun 2021. Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pemasaran, sebaliknya kekecewaan pelanggan dalam memberi layanan bisa menjadikan kehancuran perusahaan di masa mendatang. Dalam pasar yang tingkat persaingannya cukup tinggi, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan saling berhubungan, yang artinya bila ada usaha dari perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pada pelanggan pelanggan juga akan meningkat begitu pula sebaliknya bila perusahaan atau badan usaha menurunkan kepuasan pada pelanggan maka secara otomatis kepuasan pelanggan juga akan menurun. Adapun masalah yang dihadapi Adanya peningkatan keluhan pelanggan Yang mengidikasikan adanya ketidak puasan pelanggan PT. Multi Optimal Roda Internusa. Tujuan penelitian ini Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Multi Optimal Roda Internusa. Jenis penelitian ini adalah verifikatif dimana peneliti menganalisa pengaruh antar variabel independent dan dependent. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey yaitu, metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis, yang umumnya merupakan penelitian yang menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan variabel independent dan dependent. unit analisis, dan wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) adalah lokasi penelitian. Melalui hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai r sebesar 0.471 maka artinya terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan (variable X) dengan kepuasaan konsumen (variable Y). Hasil koefisien determinasi R sebesar 22.2%.Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan memberikan kontribusi sebesar 22.2% sedangkan 77.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain,dan hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukan bahwa nilai t hitung>t tabel (6.495 > 1.655) maka Ha diterima dan Ho ditolak, jadi dapat dijabarkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasaan konsumen pada PT. Multi Optimal Roda Internusa Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:04
Last Modified: 25 Mar 2023 02:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item