Novianti, Riska and Zaini, Oktori Kiswati and Wihartika, Doni (2022) kreatif kayu” dengan Metode Design Thinking Dalam Program Agile Innovation Project Based Learning”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi_Riska Novianti_021118143_Hardcover.pdf Download (5MB) |
Abstract
RISKA NOVIANTI. 021118143. kreatif kayu” dengan Metode Design Thinking Dalam Program Agile Innovation Project Based Learning”. Di bawah bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan DONI WIHARTIKA. 2022. Dengan berkembangnya digitalisasi membawa perubahan, tak terkecuali pada aspek kemudahan yang ditawarkan bagi masyarakat dengan munculnya startup melalui berbagai pilihan layanan produk ataupun jasa yang ditawarkan untuk menjawab berbagai kesulitan dan permasalahan yang dirasakan. Perkembangan industri yang berubah menjadi serba digital memunculkan beberapa kesulitan, terutama kesulitan para UMKM furnitur yang berada di pasar tradisional untuk beralih ke pasar virtual dengan metode pemasaran digital sebagai sarana memasarkan produknya. Dari pembelajaran Agile Innovation Project Based Learning (AIPBL) di PT. Cipta Konsultan Internasional menerapkan Design Thinking yang merupakan metode berpikir bagaimana dapat menganalisa sekaligus memahami situasi saat ini yang serba dinamis dan penuh dengan ketidakpastian, melalui penerapan 5 poin yang terdapat di dalam Design Thinking yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran digital pelaku UMKM furniture tradisional melalui solusi startup Kreatif Kayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan responden para pelaku UMKM furnitur dan juga pembeli furnitur secara online. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total responden 13 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya solusi kreatif kayu yang dirancang dengan metode design thinking memudahkan para UMKM Furnitur dalam memasarkan produknya secara online dan dapat memperluas pangsa pasar produk itu sendiri. Produk yang dipasarkan diharapkan mendapat engagement yang tinggi sehingga meningkatkan penjualan para UMKM furnitur di masa pandemi. Kata Kunci: Pemasaran Digital, Startup kreatif kayu, Design Thinking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 02:07 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 02:07 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6444 |
Actions (login required)
View Item |