Analisis Kegiatan Marketing Public Relations Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dalam Promosi dan Menarik Minat Pengunjung di Masa Pandemi Covid-19

Nugraheny, Inggit and PUSPANIDRA, TIARA and Cahyaningrum, Qoute Nuraini (2022) Analisis Kegiatan Marketing Public Relations Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dalam Promosi dan Menarik Minat Pengunjung di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.

[img] Text
Inggit Nugraheny-044118484_1.pdf

Download (463kB)

Abstract

Pandemi covid-19 sangat berdampak luas di berbagai aspek di indonesia. Salah satunya sektor pariwisata. Tingkat perekonomian yang melemah sejak tahun 2020 akibat pandemi telah menjadi masa krisis, Inovasi, Kegelisahan, dan intropeksi bagi semua bisnis, khususnya di lembaga pemerintahan seperti museum. pariwisata internasional yang andal mengeluarkan larangan perjalanan antar negara dan hal tersebut hampir merusak model bisnis karya wisata. Hal itu yang menuntut museum harus melakukan improvisasi dan berinovasi selama pandemi untuk mempertahankan jumlah pengunjung. Dewasa ini, museum di mancanegara berimprovisasi dengan mengubah sistem kunjungan, dari yang melaksanakan kunjungan secara luar jaringan kini harus menjalankan kegiatannya dalam jaringan. sebagai instansi yang bergerak dalam bidang penyedia jasa terutama dalam sektor wisata edukasi, museum kepresidenan RI balai kirti selalu berupaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggannya terutama dalam keinginan serta kepentingan pelanggan saat berkunjung sehingga dapat menarik minat masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kegiatan marketing public relations (MPR) Museum kepresidenan RI balai kirti dalam promosi dan menarik minat pengunjung di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori marketing public relations dari kotler & keller. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan sumber data dari informan kunci dan informan, aktivitas dan kepustakaan yang berkaitan dengan kegiatan marketing public relations (MPR) Museum kepresidenan Ri balai kirti dalam promosi dan menarik minat pengunjung di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi, tirangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data yang dimana penelitian melakukan pengumpulan data dengan sumber yang berbeda untuk membandingkan dan mengecek derajat kepercayaan suatu informasi untuk mendapatkan data yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukan adanya kesinambungan kinerja marketing public relations museum kepresidenan RI balai kirti dengan media yang digunakan oleh instansi untuk mempromosikan instansi. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan museum untuk promosi dan menarik minat pengunjung yaitu di antarnya publikasi, Identitas media, Acara, Berita dan pidato. Dalam menjalankan kegiatan promosi MPR di museum kepresidenan RI balai kirti terlihat sudah optimal. Hal tersebut meningkatkan jumlah kunjungan di museum kepresidenan RI Balai kirti di masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:07
Last Modified: 25 Mar 2023 02:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item