Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor).

Buulolo, Netralis Agustina and Andria, Fredi and Hasrul, Hasrul (2022) Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi netralis.pdf

Download (2MB)

Abstract

NETRALIS AGUSTINA BUULOLO, 021118470, Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor). Di bawah bimbingan: Fredi Andria dan Hasrul. 2022. Kebutuhan masyarakat terhadap alat komunikasi kian meningkat terutama ditengah pendemi covid-19. Hal ini disebabkan karena peningkatan aktivitas sehari-hari yang dilakukan melalui daring. Karena kebutuhan tersebut banyak merek provider yang berlombalomba untuk menciptakan sesuatu yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan mudah. Saat ini ada 3 provider yang menempati posisi teratas yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata dibandingkan penyedia jasa layanan lainnya. Strategi pemasaran apa yang digunakan ke tiga provider sehingga menjadi jawara dan memiliki kepercayaan pelanggan terbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta apa saja perbedaan strategi pemasaran yang digunakan ke tiga provider sehingga bisa menjadi top brand. Penelitian ini merupakan kualitatif, yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Jenis penelitian yaitu deskriptif komparatiif yang bersifat membandingkan, sumber data penelitian data primer dan sekunder. Penarikan sampel dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan perhitungan rumus lemeshow, yang terbagi dalam dua jenis responden yaitu responden kunci yaitu pegawai bagian pemasaran atau orang-orang terdekat yang mengetahui informasi secara mendalam tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perusahaan provider yang diteliti, Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata dan responden biasa yaitu konsumen dan reseller yang menggunakan dan menjual produk dari provider yang diteliti pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner, metode analisis analisis faktor internal dan faktor eksternal, dengan menggunakan matrik IFE, EFE, IE dan CPM. Hasil penelitian menggunakan matrik IFE dan EFE yang dipetakan dalam matrik IE, posisi Telkomsel kota Bogor berada pada sel IV Tumbuh dan Bina, strategi intensif, alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, atau integrasi kedepan, kebelakan dan horizontal. Sedangkan Indosat Ooredo dan XL Axiata kota Bogor berada pada sel V yaitu Pertahankan dan Pelihara, alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan analisis menggunakan CPM dengan manganalisis faktor sukses kunci, Telkomsel merupakan provider yang paling unggul, disusul Indosat Ooredoo dan terakhir XL Axiata. Kata kunci: Strategi pemasaran 3 provider telekomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:09
Last Modified: 25 Mar 2023 02:09
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6489

Actions (login required)

View Item View Item