Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan EFISIENSI Pelayanan Potong Rambut Pada King Cuts Barbershop M Block Space

Tuga, Rimba Dasela and Jaenudin, Jaenudin and Rully, Tutus (2022) Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan EFISIENSI Pelayanan Potong Rambut Pada King Cuts Barbershop M Block Space. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Rimba Dasela Tuga.pdf

Download (1MB)

Abstract

RIMBA DASELA TUGA. 021116062 . Skripsi. Manajemen Operasional. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan EFISIENSI Pelayanan Potong Rambut Pada King Cuts Barbershop M Block Space. Di bawah bimbingan: Ketua Komisi Pembimbing. JAENUDIN Anggota Komisi Pembimbing. TUTUS RULLY 2022. Sebuah konsep bisnis dapat tercipta seiring munculnya kebutuhan publik. Dalam pelaksanaanya tentu perlu memperhatikan kualitas sehingga akan menghasilkan keunggulan terhadap produk atau pun jasa. Sektor bisnis di bidang jasa memiliki keunikan tersendiri karena bentuk yang ditawarkan bukan merupakan sebuah produk namun sebuah pelayanan. Memberikan pelayanan dan mendapatkan pelayanan dengan memuaskan merupakan suatu prioritas utama para pemberi jasa serta penerima jasa. Akan tetapi dalam suatu bisnis global dalam operasinya terdapat bermacammacam keterbatasan sumber daya yang digunakan, terutama terbatasnya sumber daya manusia sehingga menyebabkan terjadinya antrian dimana pelanggan harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem antrian di King Cuts Barbershop M Block Space, serta melakukan evaluasi untuk meminimalisir antrian yang terjadi guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, Pada penelitian ini sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang berasal dari King Cuts Barbershop M Block Space. Metode analisis yang digunakan adalah sistem antrian dengan menggunakan bantuan perhitungan SPSS POM QM. Hasil penelitian ini menunjukan upaya mengoptimalkan waktu pelayanan dan meminimalisir waktu antrian maka harus melakukan evaluasi kinerja dengan memberikan tambahan satu barber sehingga King Cuts Barbershop M Block Space memiliki 3 pelayanan. Hasil simulasi yang dilakukan oleh peneliti dapat menunjukan bahwa dengan adanya penambahan satu barber yaitu menjadi tiga, maka rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pelanggan dalam sistem (Ws) sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu 10.75 menit. Selain itu hasil tersebut menunjukan berkurangnya rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh pelanggan yang menunggu dalam sistem antrian (Wq) menjadi 2,715. Kata Kunci: Sistem Antrian, Efisiensi, Barbershop

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:09
Last Modified: 25 Mar 2023 02:09
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item