Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Nasabah pada Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu.

Wichita, Diayu and Rully, Tutus and Patra, Eka (2022) Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Nasabah pada Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_Diayu Wichita_CD.pdf

Download (1MB)

Abstract

DIAYU WICHITA 021118383. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Nasabah pada Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu. Di bawah bimbingan TUTUS RULLY dan EKA PATRA. 2022. Tingkat persaingan dalam sektor industri perbankan saat ini sangat tinggi, yakni bank dituntut untuk mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Kompetisi mengarah pada tuntutan kebutuhan konsumen baik dari kualitas maupun kuantitas yang menyebabkan dunia bisnis harus berjuang untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien. Kapasitas pelayanan yang tidak sesuai dengan jumlah nasabah yang datang dapat menyebabkan antrian yang panjang dan waktu menunggu yang lama untuk memperoleh pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan teller Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu yang efisien agar menghasilkan output yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif (Eksprolatif) dengan melakukan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah teknik penelitiaan kuantitatif dilakukan dengan melakukan analisis pada sistem antrian yang digunakan Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu yaitu model antrian Multi Channel - Single Phase dimana terdapat lebih dari satu teller (server) dan satu jalur antrian dengan karakteristik antrian FCFS (First Come First Serve) adalah pelayanan yang terlebih dahulu datang akan dilayani terlebih dahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan analisis sistem antrian untuk mengoperasikan jumlah fasilitas yang tepat guna meningkatkan efisiensi pelayanan pada Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu. Setelah dilakukan simulasi sistem antrian dengan melihat total biaya yang lebih rendah dan jumlah fasilitas pelayanan, oleh karena itu pihak Bank Mandiri Cabang Palabuhanratu disarankan agar mengoperasikan 3 fasilitas teller setiap harinya, walaupun total biaya meningkat, setidaknya waktu menunggu nasabah berkurang dibandingkan hanya mengoperasikan 2 fasilitas. Kata Kunci : Analisis Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Multi Channel - Single Phase

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:10
Last Modified: 25 Mar 2023 02:10
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6498

Actions (login required)

View Item View Item