Dampak Word of Mouth terhadap keputusan Pemesanan Gedung Serbaguna Jambur Simalem Cibinong

Ginting, Tarisa BR and Andria, Fredi and Wihartika, Doni (2022) Dampak Word of Mouth terhadap keputusan Pemesanan Gedung Serbaguna Jambur Simalem Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_TARISA BR GINTING_021118071.pdf

Download (5MB)

Abstract

TARISA BR GINTING. 021118071. Dampak Word of Mouth terhadap keputusan Pemesanan Gedung Serbaguna Jambur Simalem Cibinong di bawah bimbingan Fredi Andria dan Doni Wihartika. 2022. Komunikasi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan dari manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang kepada orang lain, dengan tujuan memberitahu, merubah sikap atau prilaku orang tersebut. Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang maju persaingan bisnis yang telah menjadi sangat ketat, hal ini disebabkan oleh banyaknya usaha-usaha yang bergerak di bidang yang sama sehingga memicu terjadinya persaingan yang menimbulkan banyak hambatan dan tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis. Salah satu produk jasa yang menarik saat ini adalah jasa penyewaan gedung untuk berbagai acara dan kegiatan. Jasa ini banyak digunakan sebagai tempat penyelengaraan acara atau kegiatan formal taupun nonformal. Penyewaan gedung serbaguna untuk mengadakan berbagai macam acara penting seperti meeting, pernikahan, dan berbagai macam acara lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan word of mouth terhadap konsumen gedung Jambur Simalem dan mengetahui dampak yang diberikan word of mouth terhadap keputusan pemesanan gedung Jambur Simalem. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi rank spearman, kofisien determinan, dan Uji T. Jenis penelitian ini asosiatif, data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu, karena jumlah populasi dalam penelitian ini diketahui secara pasti maka untuk mengetahui besarnya ukuran sempel yang akan diambil dari populasi menggunakan rumus Yamane. Penelitian ini menggunakan alat uji SPSS Versi 22 untuk uji validitas, uji reliabilitas, korelasi rank spearman dan uji T. Berdasarkan hasil pengelolaan data di atas menunjukkan pelaksanaan word of mout pada gedung serbaguna Jambur Simalem sudah berjalan dengan baik dengan rata-rata peresentase sebesar 83,7%. hasil penelitian yang telah dilakukan di atas menunjukkan word of mouth memiliki hubungan yang baik terhadap keputusan pemesanan Jambur Simalem karena t hitung lebih besar dari t tabelnya. Kekuatan hubungan yang dimiliki Word of mouth dengan keputusan penyewaan gedung Jambur Simalem masih berada ditahap cukup baik yaitu dengan skor 0,570, dengan kontribusi yang masih rendah yaitu sebesar 32,5%. Kata Kunci : Word of Mouth, Keputusan Penyewaan, Jambur Simalem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:12
Last Modified: 25 Mar 2023 02:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item