Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk BTS Meal di McDonald‟s Indonesia (Studi Pada Penggemar BTS atau ARMY Kota Bogor).

Juliyanti, Putri and Adrian, Ferdisar and Andrianto, Nizam (2022) Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk BTS Meal di McDonald‟s Indonesia (Studi Pada Penggemar BTS atau ARMY Kota Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SkripsiFINAL_Putri-Juliyanti.pdf

Download (4MB)

Abstract

PUTRI JULIYANTI. 021118308. Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk BTS Meal di McDonald‟s Indonesia (Studi Pada Penggemar BTS atau ARMY Kota Bogor). Di bawah bimbingan: FERDISAR ADRIAN dan NIZAM M. ANDRIANTO. 2022. BTS Meal merupakan produk hasil dari kolaborasi McDonald‟s dengan boyband asal Korea Selatan yaitu Bangtan Sonyeondan atau BTS. BTS Meal tersedia diberbagai negara, salah satunya di Indonesia. ARMY merupakan target pasar utama dalam produk BTS Meal, ARMY yang selalu berinteraksi dan bertukar informasi mengenai BTS, dengan hadirnya BTS Meal membuat ARMY mencari berbagai informasi mengenai produk tersebut bahkan sebelum perilisannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kelompok acuan dalam keputusan pembelian produk BTS Meal, menjelaskan pengetahuan konsumen dalam keputusan pembelian produk BTS Meal, serta untuk menguji pengaruh kelompok acuan dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian produk BTS Meal. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta memiliki kriteria responden yaitu penggemar BTS atau ARMY di Kota Bogor yang sudah membeli produk BTS Meal. Penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Karena jumlah populasi tidak diketahui, maka untuk jumlah sampel menggunakan rumus lemeshow, dan diperoleh responden sebanyak 97 orang. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan studi pustaka, serta metode analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian parsial (uji t) antara variabel kelompok acuan terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai thitung sebesar 2,656 > ttabel 1,660. Maka dapat disimpulkan bahwa Kelompok Acuan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk BTS Meal, dengan keterangan Ha1 diterima. Kemudian pengujian parsial (uji t) antara variabel pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai thitung sebesar 6,820 > ttabel 1,660. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Konsumen berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk BTS Meal, dengan keterangan Ha2 diterima. Serta hasil uji simultan (uji f) diperoleh hasil pengujian menyatakan Ha3 diterima yang ditunjukkan dengan besarnya nilai Fhitung 41,374. Nilai ini lebih besar dari Ftabel (41,374 > 3,09). Maka dapat disimpulkan kelompok acuan dan pengetahuan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk BTS Meal. Kata kunci: Kelompok Acuan, Pengetahuan Konsumen, Keputusan Pembelian, dan BTS Mea

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 25 Mar 2023 02:12
Last Modified: 25 Mar 2023 02:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item