Septian, Daffa and Hartini, Sri and Yudha, Aditya Prima (2022) Strategi Pemasaran Green Wheels Coffee pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Skripsi Daffa Septian_compressed.pdf Download (554kB) |
Abstract
DAFFA SEPTIAN. 021118358. Strategi Pemasaran Green Wheels Coffee pada Masa Pandemi Covid-19. Dibawah bimbingan SRI HARTINI dan ADITYA PRIMA YUDHA. Perkembangan bisnis coffee shop sedang meningkat yang disebabkan oleh konsumsi kopi di masyarakat. Konsumsi kopi yang sudah menjadi tren di kalangan anak muda menjadikan peluang yang bagus untuk memulai bisnis coffee shop. Seiring dengan perkembangan gaya hidup masyarakat dan selera konsumen membuat semakin bertambahnya jumlah coffee shop di kabupaten Bogor. Hasil survei pemkab Bogor jumlah UMKM kabupaten Bogor yaitu 94.633. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari Green Wheels Coffee mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas, khusus untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan dalam satu tahun terakhir, mengetahui market trend, mengetahui tingkat persaingan, dan mengaplikasikan strategi pemasaran yang tepat untuk Green Wheels Coffee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Green Wheels Coffee. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Hasil penelitian strategi pemasaran Green Wheels Coffee menggunakan matrik IE Green Wheels Coffee berada pada kuadran I yaitu Growth and Build yang artinya Green Wheels Coffee sedang berada di fase tumbuh dan berkembang dalam bisnisnya. Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh Green Wheels Coffee adalah strategi intensif yaitu penetrasi pasar dengan meningkatkan pangsa pasar melalui media sosial. Berdasarkan matriks SWOT strategi pemasaran yang digunakan oleh Green Wheels Coffee yaitu strategi SO (Strength dan Opportunity), langkah yang digunakan adalah melakukan penetrasi pangsa pasar seperti pada matriks IE. Sedangkan berdasarkan matriks SPACE terletak pada kuadran aggressive. Green Wheels Coffee berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks SPACE.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 02:15 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 02:15 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6616 |
Actions (login required)
View Item |