Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RS X).

Hasan, Fitri Casmita and Sasongko, Hendro and Ilmiyono, Agung Fajar (2022) Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RS X). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Fitri Casmita Hassan_022118193_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

FITRI CASMITA HASSAN. 022118193. Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RS X). Di bawah bimbingan : Hendro Sasongko dan Agung Fajar Ilmiyono. 2022. Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang tidak hanya mencerminkan pada kinerja keuangan saja, tetapi juga kinerja non keuangan. Aspek non keuangan juga mendapat perhatian lebih, karena pada dasarnya peningkatan kinerja keuangan sumbernya ialah berasal dari aspek non keuangan, sehingga apabila perusahaan ingin melakukan peningkatan kinerja maka fokus perhatian perusahaan akan lebih dahulu ditujukan kepada peningkatan kinerja non keuangan, karena dari situlah keuangan berasal, sayangnya masih banyak perusahaan hanya berfokus pada keuangan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja pada Rumah Sakit X, serta melakukan perbandingan antara penilaian kinerja dengan menggunakan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan penilaian kinerja dengan pendekatan balanced scorecard. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit X, yang terletak di Kota B. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan melalui website dari RS X. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data yang dikumpulkan akan dilakukan pengelompokkan, diolah, kemudian dengan indikator- indikator yang telah ditetapkan data akan dihitung, dan terakhir dilakukan analisis terhadap data yang sudah ada. Hasil analisis data yang dihasilkan adalah adanya perbedaan hasil antara penggunaan metode balanced scorecard dengan penilaian berdasarkan indikator kinerja utama. Pada metode balanced scorecard didapat hasil sebagai berikut: perspektif keuangan dikategorikan “baik”, perspektif pelanggan dihitung dikategorikan “sangat baik”, perspektif proses bisnis internal dikategorikan “cukup baik”, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dikategorikan “baik”, secara keseluruhan dinilai kinerja RS X “baik”. Untuk hasil dari penilaian kinerja dengan berdasarkan indikator kinerja utama, terlalu berfokus kepada pelanggan, walaupun begitu hasil akhir yang di peroleh adalah kinerja RS X dengan metode tersebut dikategorikan “sangat baik” Kata Kunci : Balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:29
Last Modified: 31 Mar 2023 03:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6630

Actions (login required)

View Item View Item