Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Jasa Layanan Pesan Antar Shopeefood (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan)

Prasetyo, Alvian Aditya and Yudha, Aditya Prima and Prasetyo, Bayu Dwi (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Jasa Layanan Pesan Antar Shopeefood (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI_Alvian Ap_Cetak burning.pdf

Download (2MB)

Abstract

ALVIAN ADITYA PRASETYO. 021118325. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Jasa Layanan Pesan Antar Shopeefood (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Dibawah bimbingan ADITYA PRIMA YUDHA dan BAYU DWI PRASETYO. 2023. Adanya pandemi covid-19 menyebabkan pemerintah membatasi aktivitas masyarakat guna meminimalisir penyebaran virus covid-19. Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan internet oleh masyarakat meningkat dimana sebanyak 53% responden Daily Social and Populix menggunakan internet untuk menggunakan aplikasi jasa layanan pesan antar. Shopeefood merupakan salah satu layanan pesan antar yang baru muncul namun mampu mengungguli Grabfood berdasarkan survei dari Badan Riset Tenggara Strategics. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apasaja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada layanan pesan antar Shopeefood. Metode penelitian yang digunakan pada penlitian ini yaitu analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan yaitu sebanyak 2890 mahasiswa. Sampel dihitung menggunakan rumus slovin dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data pada penelitian ini dihimpun menggunakan kuesioner dengan instrumen skala likert. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta analisis deskriptif dari setiap instrumen kuesioner. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan pada layanan pesan antar dipengaruhi oleh faktor kepercayaan dengan rata-rata 83,70%, keamanan sebesar 88,25%, kualitas pelayanan sebesar 85,90%, kemudahan sebesar 79,10%, dan keuntungan sebesar 79,98 persen. Kata Kunci : Shopeefood, Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kemudahan, dan Keuntungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Jun 2023 11:28
Last Modified: 20 Jun 2023 11:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6745

Actions (login required)

View Item View Item