Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel

Shobari, Aviva Fuad and Andrianto, Nizam Mohammad and Salmah, Salmah (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Aviva Fuad Shobari 0211 19 159.pdf

Download (2MB)

Abstract

AVIVA FUAD SHOBARI, 0211 19 159, Manajemen Pemasaran, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel, di bawah Ketua komisi pembimbing NIZAM M. ANDRIANTO dan Anggota komisi pembimbing SALMAH, tahun 2023. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa biro perjalanan pariwisata di Bogor adalah PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel. Jumlah konsumen yang menggunakan jasa Pesona Tour & Travel tidak stabil, kondisi ini disebabkan oleh kualitas pelayanan yang kurang baik dibuktikan dengan hasil pra survei bahwa ada beberapa keluhan dari konsumen dalam menerima pelayananyang diberikan oleh Pesona Tour & Travel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel yang beralamat di Jl. Kemang Raya Cikaret No. 120 RT 001 RW 010, Harapan Jaya, Cibinong, Bogor, 16914, Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode kuesioner, Field Research, dan studi pustaka. Kuesioner yang disebarkan kepada 90 orang responden yaitu pengguna yang memakai jasa Pesona Tour & Travel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji normalitas, uji koefisien regresi dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 0.160 + 0.373X dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa jika kualitas pelayanan meningkat, maka kepuasanvkonsumen akan meningkat, dan hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji hipotesisnya. Untuk analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,787 yang artinya bahwa variasi dari variabel independen yaitu kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 78,7% sedangkan sisanya (0,213) 21,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:12
Last Modified: 15 Aug 2023 07:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item