Reborn Strategy CV Indratama Anugerah Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Indramedia Bookstore)

Maulina, Syifa and Andria, Fredi and Andrianto, Nizam (2023) Reborn Strategy CV Indratama Anugerah Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Indramedia Bookstore). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Syifa Maulina 021118973.pdf

Download (2MB)

Abstract

SYIFA MAULINA. 021118073. Reborn Strategy CV Indratama Anugerah Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Indramedia Bookstore). Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan NIZAM M. ANDRIANTO. 2023. Sejak pandemi minat baca masyarakat meningkat berdasarkan infografik yang dirilis oleh digital reader meningkat sebesar 35% akan tetapi penjualan buku menurun. Indramedia Bookstore merupakan Indramedia Bookstore yang menjual buku – buku pelajaran yang sejak adanya pandemi mulai mengalami penurunan penjualan hingga saat ini. Indramedia Bookstore menghadapi berbagai macam tantangan yang muncul sejak adanya pandemi salah satunya adalah dengan mulai makin berkembangnya digitalisasi sehingga makin banyak masyarakat yang menggunakan e-book. Sehingga Indramedia Bookstore perlu menetapkan strategi yang tepat untuk dapat bangkit dari semua tantangan - tantangan yang dihadapi agar dapat meningkatkan penjualan pada bookstore. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara dan analisis data menggunakan analisis SWOT, Matriks SWOT dan ANP. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada ANP dilakukan pembobotan kriteria dan perangkingan untuk selanjutnya didapatkan prioritas strategi yang menghasilkan 11 strategi pilihan yaitu : (1) Perusahaan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi yang inovatif dan menarik (0.049042), (2) Indramedia Bookstore menjual produk yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini dan yang sudah terdaftar pada kementerian pendidikan (0.048945), (3) Memberikan kualitas pelayanan yang baik (0.047551), (4) Memberikan harga yang terjangkau untuk para konsumen (0.047316), (5) Menyediakan produk e-book (0.046740), (6) Memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada dalam sosial media dan marketplace (0.045629), (7) Menambah mitra dengan jasa pengiriman untuk memudahkan pengiriman di berbagai kota (0.044841), (8) Memperluas pangsa pasar dengan lebih gencar mempromosikan produk secara online dengan memasang iklan di berbagai macam media online (0.043683), (9) Menambah SDM dan memberikan job description yang jelas pada setiap pekerjaan (0.043150), (10) Memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online dengan memanfaatkan berbagai macam fitur pembayaran dalam proses pembelian produk secara online (0.041927) dan (11) Melakukan interaksi yang intens dengan pelanggan di sosial media (0.041176). Kata kunci : Strategi, SWOT, ANP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:57
Last Modified: 20 Oct 2023 01:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6984

Actions (login required)

View Item View Item